Home » , , » 4 Gangguan Tidur yang Menandakan Ada Masalah Serius pada Kesehatan

4 Gangguan Tidur yang Menandakan Ada Masalah Serius pada Kesehatan

Written By Unknown on Sunday 25 August 2013 | 02:35

img 
 Gangguan tidur di malam hari tidak hanya mengurangi kualitas tidur, sehingga Anda merasa lemas dan lesu begitu bangun keesokan paginya. Tapi juga bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Apakah Anda selalu banyak berkeringat, kaki kram atau gigi bergemeretak setiap kali tidur? Gejala tersebut patut mulai diwaspadai. Ini empat gangguan tidur yang mengindikasikan Anda punya masalah kesehatan serius, seperti dikutip dari Times of India.

1. Gigi Gemeretak
Menggesek-gesekkan gigi atas dan bawah, serta rahang yang menegang kala tidur adalah salah satu gangguan tidur yang cukup banyak dialami orang. Sayangnya tidak sedikit orang yang menyadari punya kebiasaan tersebut, sampai teman tidur di sampingnya memberitahu.

Gigi gemeretak adalah gangguan tidur paling umum setelah insomnia dan mendengkur. Tapi bisa juga menjadi sinyal Anda sedang stres, gelisah yang berlebihan atau terlalu banyak merokok, konsumsi kafein dan minum alkohol. Selain itu gigi yang bergemeretak juga kerap dihubungkan dengan gejala sleep apnea, kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat ketika tidur.

2. Tubuh Berkeringat
Bangun tidur dengan pakaian yang selalu basah oleh keringat? Waspada kemungkinan Anda terkena Tuberculosis (TB). Ketika seseorang terserang TB, temperatur tubuh biasanya meningkat di sore atau malam hari. Keringat yang keluar umumnya banyak hingga membasahi pakaian atau seprai. Suhu tubuh juga bisa mencapai 30 derajat Celcius ke atas. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksa ke dokter apabila kondisi ini berlangsung lebih dari satu minggu dan Anda mengalami penurunan berat badan drastis.

3. Sering Buang Air Kecil
Pergi ke toilet 5-7 kali dalam semalam untuk buang air kecil, bisa jadi pertanda penyakit diabetes. Saat kadar gula dalam darah tinggi, tubuh akan mencoba mengeluarkannya lewat urin. Gejala diabetes lainnya adalah sering merasa haus sehingga minum lebih banyak dari biasanya dan mudah sekali lelah. Diabetes umumnya dialami orang dewasa dengan usia 40 tahun ke atas. Tapi tidak menutup kemungkinan orang yang lebih muda, bahkan anak kecil juga terserang. Apabila hal ini terjadi pada Anda, terutama ada risiko diabetes yang mungkin diturunkan orangtua, sebaiknya segera periksa ke dokter. Tingginya frekuensi buang air kecil di malam hari juga bisa jadi sinyal ada masalah pada otot pelvic pada wanita, atau prostat yang membesar pada pria.

4. Kaki Kram
Kaki yang kram saat tidur atau menggeliat di malam hari, bisa jadi tanda kekurangan nutrisi seperti elektrolit, mineral dan vitamin. Elektrolit seperti potassium dan magnesium berfungsi mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh. Kekurangan elektrolit bisa mengurangi kinerja otot. Kalsium juga diperlukan untuk membantu kontraksi serat otot agar berfungsi efektif. Sementara magnesium membantu meningkatkan dorongan syaraf pada jaringan otot. Kaki kram bisa juga disebabkan karena pengobatan medis tertentu atau ada masalah pada jantung dan pembuluh darah.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Home | BolaNet1 | InfoBola
Copyright © 2013. AganUnik :) - All Rights Reserved
copyright agan=unik
Proudly powered by Blogger