Home » , , » Tips Agar Bisa Tetap Produktif Saat Harus Remote Working

Tips Agar Bisa Tetap Produktif Saat Harus Remote Working

Written By Unknown on Friday 30 August 2013 | 00:18

img 
 Banjir yang melanda Jakarta pada Kamis (17/1/2013) ini membuat banyak karyawan mau tak mau memilih remote working. Meskipun dari rumah atau darimanapun Anda berada, bekerja harus tetap dilakukan dengan maksimal.

Ketika memilih bekerja dari rumah, ada harus menyesuaikan diri agar tetap semangat bekerja dan tidak merasa seperti sedang libur atau cuti. Beberapa penelitian membuktikan bekerja dari rumah atau remote working sebenarnya bisa membuat karyawan menjadi lebih produktif. Berikut ini tips agar Anda bisa tetap bekerja dengan maksimal saat harus remote working.

1. Jangan Terpaku Pada Jam Kerja
Saat di kantor, mungkin Anda terbiasa bekerja empat jam di pagi hari dan sore menjelang malam hari, diselingi makan siang. Saat bekerja di rumah, Anda sebaiknya membagi waktu kerja sesuai dengan waktu di mana Anda merasa paling produktif. Tiap orang tentu berbeda-beda, ada yang bisa produktif di malam hari atau pagi hari hingga makan siang. Pilih sendiri jadwal yang memungkinkan Anda fokus untuk bekerja. Tak ada salahnya mengambil waktu istirahat singkat untuk sekadar bermain bersama anak atau menonton televisi.

Ketika sudah menentukan jam kerja yang Anda anggap waktu paling produktif, disiplinlah. Kalau memang bukan waktunya untuk beristirahat, sebaiknya jangan tergoda untuk bermain dengan anak atau sekadar mengintip acara televisi.

2. Atmosfer Kerja
Salah satu hal yang membuat karyawan merasa harus bekerja saat di kantor adalah karena atmosfer tersebut sudah tercipta dengan sendirinya. Berbeda dengan di rumah yang selama ini identik sebagai tempat istirahat atau berkumpul bersama keluarga. Jadi agar bekerja di rumah tetap produktif, cobalah buat atmosfer seperti di kantor. Meskipun Anda bekerja sambil duduk di sofa atau tempat tidur, pastikan area tersebut bisa membuat Anda fokus untuk melakukan pekerjaan. Pikirkan mana area di rumah yang membuat Anda merasa tidak seperti di kantor, tapi tetap bisa mendorong Anda untuk produktif.

3. Tetap Update
Saat harus bekerja di rumah, Anda harus berusaha untuk tetap berkomunikasi dengan rekan kerja untuk meng-update berbagai tugas dan perkembangan. Sehingga ketika masuk kantor, tidak ada informasi yang tertinggal dan harus diberitahukan ulang pada Anda. Pastikan semua alat dan jalur komunikasi yang Anda miliki menyala. Sehingga Anda tetap bisa berkomunikasi dengan rekan kerja entah melalui telepon, BlackBerry Messenger, Line, Yahoo Messenger ataupun Twitter dan Facebook.

Ketika bekerja dari rumah sebaiknya Anda juga tetap merespon dengan cepat apapun isu yang terjadi di kantor. Saat Anda memberikan respon yang lama, atasan bisa menganggap Anda tidak cepat tanggap dan mungkin saja sedang sibuk mengurus hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

4. Nikmati
Tentunya salah satu hal terbaik dari remote working adalah Anda tidak perlu hadir secara fisik untuk berkomunikasi dengan karyawan lain. Jadi Anda bisa bekerja mengenakan pakaian apapun yang Anda suka. Anda juga bisa istirahat sesuai yang Anda inginkan, tanpa ada pihak menghalangi, entah itu bos atau rekan kerja yang meminta bantuan. Jadi lakukanlah apapun yang memang bisa membuat Anda produktif saat bekerja.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Home | BolaNet1 | InfoBola
Copyright © 2013. AganUnik :) - All Rights Reserved
copyright agan=unik
Proudly powered by Blogger