Home » , , , » FOTO: Museum Teraneh, Simpan Organ Tubuh Manusia

FOTO: Museum Teraneh, Simpan Organ Tubuh Manusia

Written By blogger on Thursday 16 May 2013 | 16:22


Tidak heran jika Anda ketakutan saat mengunjungi museum Mutter di Philadelphia. Museum yang berumur 150 tahun ini menyimpan berbagai macam benda-benda medis yang kesannya berhantu.

Tetapi, bukan hanya museum Mutter. Banyak museum di seluruh dunia yang menyimpan obat, patologi, dan anatomi untuk mengobati rasa penasaran pengunjung tentang dunia kedokteran. Untuk memperingati Hari Museum Internasional pada 18 Mei 2013, berikut beberapa museum medis teraneh di dunia.

1. Museum Patologi Bart, Inggris

Berdiri tahun1879, Museum Patologi merupakan bagian dari Queen Mary, University of London. Ada sekitar 5 ribu benda-benda aneh termasuk organ tubuh manusia yang diawetkan selama 150 tahun terakhir. Di museum ini, para pengunjung juga disuguhi film dokumenter pembedahan tubuh manusia.

2. Museum Sejarah Kedokteran di Charite, Jerman

Sejarah medis Jerman menemukan sebuah rumah sakit yang berhasil diselamatkan sejak abad ke-19. Terdapat 23 ribu spesimen asli yang berhasil diselamatkan sejak perang dunia ke dua.

Museum ini menyimpan artefak tertua termasuk batu kandung kemih dari tahun 1700. Benda antik lainnya adalah megakolon seberat 60 pon dari seorang pasien yang meninggal pada tahun 1960, kursi persalinan sejak abad ke-18, dan berbagai tumor serta penyakit-penyakit lainnya.

Museum ini juga menelusuri sisi gelap obat-obatan Jerman, termasuk saat Sosialis Nasional menggunakan ilmu pengetahuan untuk membenarkan tindakan pemurnian ras.

3. Medical Museum Choowondang Korea, Korea Selatan

Dibuka tahun 2008 di pusat medis, museum ini mengoleksi berbagai peralatan medis termasuk peti dan dokumen-dokumen medis untuk memberikan wawasan dalam perkembangan praktek medis Timur. Fitur utama daribangunan ini adalah laboratorium yang memproduksi obat-obatan herbal.

4. Museum Fragonard, Prancis

Awalnya koleksi anatomi mahasiswa kedokteran hewan dimulai pada tahun 1700 di luar Paris. Museum Fragonard mulai dibuka untuk umum pada tahun 1902 dan sempat ditutup pada tahun 1990 untuk dilakukan renovasi dan dibuka kembali pada tahun 2008.

Koleksi museum banyak berupa tengkorak dan anatomi yang mengisi berbagai ruangan. Museum ini juga menyimpan mayat berkulit yang sempat dikecam oleh ahli anatomi pada abad ke-18. Selain itu, museum ini juga menyimpan bangkai kuda dan monyet hingga janin manusia. 

5. Ibn Sina Academy of Medieval Medicine and Science, India

Sederhana tapi kuno. Ini isi museum yang menjadi contoh pengobatan di Timur Tengah dan Asia. Terdapat artefak dari dokter Yunani-Arab dan manuskrip medis dari abad ke sepuluh. Obat-obatan dan beberapa alat medis yang tampak berdebu dipajang bersama patung besar ilmuwan-ilmuwan terkenal. Ada juga tanah liat kuno buatan tangan dan cetakan yang menunjukkan sistem GI dan pernafasan lumpur.


Bart's Pathology Museum di Inggris hanya buka pada waktu tertentu saja.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Home | BolaNet1 | InfoBola
Copyright © 2013. AganUnik :) - All Rights Reserved
copyright agan=unik
Proudly powered by Blogger