Home » , , , , » Mengintip 10 Museum Teraneh di Dunia (I)

Mengintip 10 Museum Teraneh di Dunia (I)

Written By blogger on Wednesday 29 May 2013 | 16:36


Museum tak melulu berisi benda-benda antik. Museum juga tak semuanya berbentuk sebuah aula besar. Sejumlah museum di dunia ternyata memiliki bangunan yang tak biasa serta koleksi yang unik.
Situs web Cheapflights pun melansir sepuluh museum paling teraneh di dunia. Apa saja? Yuk intip daftarnya berikut ini.
1. Leeds Castle Dog Collar Museum, Kent, Inggris.
Leeds Castle Dog Collar Museum
Ini adalah tempat yang wajib dikunjungi para pecinta anjing. Di Leeds Castle Dog Collar Museum, para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi kalung anjing mulai dari 500 tahun lalu. Koleksi tersebut di antaranya kalung besi berduri hingga yang berhiaskan ukiran perak. Kalung-kalung anjing yang dipajang di museum ini mulanya adalah hadiah bagi penghuni Leeds Castle, Lady Baillie.
2. International Spy Museum, Washington, D.C., AS
International Spy Museum
Ingin coba menjadi mata-mata dalam sehari? Jika ya, datanglah ke International Spy Museum di pusat Kota Washington, D.C. Di tempat ini, para pengunjung bisa mempelajari sejarah tentang mata-mata dari era perang sipil hingga bom atom. Tak hanya disuguhi berbagai koleksi benda yang biasa digunakan mata-mata, museum tersebut juga menawarkan aktivitas menyamar lewat Spy School.
3. Venustempel Sexmuseum, Amsterdam, Belanda.
Venustempel Sexmuseum
Menilik namanya, museum ini sudah pasti diperuntukkan khusus bagi orang dewasa. Hanya pengunjung berusia 16 tahun ke atas yang diperbolehkan memasuki Venustempel Sexmuseum. Museum yang berlokasi tak jauh dari stasiun kereta Amsterdam itu, merupakan museum seks pertama di dunia. Venustempel Sexmuseum tepatnya berdiri pada tahun 1985. Di museum ini, para pengunjung bisa melihat sejarah praktik seks dari seluruh dunia.
4. Diefenbunker, Canada's Cold War Museum, Ottawa, Kanada.
Diefenbunker
Museum ini pada mulanya merupakan sebuah bunker rahasia yang dibangun sebagai pusat operasional pemerintah Kanada pada saat Perang Dingin. Bunker ini sangat besar dengan luas 100.000 kaki persegi dan terdiri dari empat lantai.
Diefenbunker tepatnya berada persis di bawah bukit Desa Carp, sebelah barat Ibukota Kanada. Bunker ini dilengkapi dengan emergency government situation center, cabinet war room, stasiun radio CBC, ruang medis, hingga aula. Saat ini, para pengunjung bisa memasuki bunker tersebut dan merasakan pengalaman berjalan kaki melalui terowongan panjang.
5. Sulabh International Museum Toilet, New Delhi, India.
Sulabh International Museum Toilet
Sulabh International Museum Toilet merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari sejarah toilet. Di museum ini, pengunjung bisa mempelajari sejarah toilet sejak 4.000 tahun lalu, serta melihat berbagai artefak dari 1145 SM. Dari toilet sederhana hingga yang dihiasi dengan berbagai hiasan.

Museum tak melulu berisi benda-benda antik. Museum juga tak semuanya berbentuk aula besar. Sejumlah museum di dunia ternyata memiliki bangunan yang tak biasa serta koleksi yang unik.
Situs web Cheapflights pun melansir sepuluh museum paling aneh di dunia. Apa saja? Yuk intip daftarnya berikut ini.

6. Museum of Apiculture, Radovljica, Slovenia.
Museum of Apiculture

Museum of Apiculture menampilkan sejarah peternakan lebah di Slovenia. Museum yang dibuka pada tahun 1959 itu, berada di sebuah rumah bangsawan dari abad ke-14.  Di museum ini, pengunjung bisa melihat koleksi dan catatan mengenai sejarah peternakan lebah setempat serta spesies lebah yang dikembangbiakkan di Slovenia.

7. International UFO Museum, Roswell, New Mexico, Amerika Serikat.
International UFO Museum

Bagi para penggemar UFO, Kota Roswell tentunya sudah tak asing lagi. Pada tahun 1947, insiden menghebohkan terkait UFO terjadi di kota ini.

Sejak saat itu, orang-orang mulai bergairah melakukan pencarian UFO. Untuk mengakomodasi para penggemar UFO, dibangunlah International UFO Museum pada tahun 1992. Setiap tahunnya, museum ini menjadi tuan rumah ajang tahunan Roswell UFO Festival.

8. Museum of Human Disease, Sydney, Australia.
Museum of Human Disease

Museum ini memiliki koleksi lebih dari 3.000 spesimen yang berasal dari pasien sakit atau meninggal. Para pengunjung bisa melihat pameran patologi yang terdiri dari deretan stoples berisi organ yang berubah karena penyakit, dan berbagai jenis tumor. Para pengunjung juga bisa mengetahui kisah tentang para pasien.

9. The Momofuku Ando Instant Ramen Museum, Osaka, Jepang.
The Momofuku Ando Instant Ramen Museum

The Momofuku Ando Instant Ramen Museuma adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar mie instan. Museum ini memperlihatkan sejarah Momofuku Ando saat pertama kali menciptakan Chicken Ramen. Di The Momofuku Ando Instant Ramen Museum pula, para pengunjung bisa melihat pameran produk mie instan dari seluruh dunia.

10. Vulcan Tourism & Trek Station, Vulcan, Alberta, Kanada.

Vulcan Tourism & Trek Station
Museum ini didirikan sebagai penghormatan untuk karakter Star Trek, Mr. Spock yang diceritakan berasal dari Planet Vulcan. Museum dipenuhi dengan berbagai memorabilia karakter Star Trek dari sejumlah film hingga acara televisi.

Selain memorabilia, para pengunjung juga bisa melihat replika Starship Enterprise dalam ukuran besar. Keunikan lainnya dari museum ini adalah ucapan selamat datang ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris, Vulcan, dan Klingon.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Home | BolaNet1 | InfoBola
Copyright © 2013. AganUnik :) - All Rights Reserved
copyright agan=unik
Proudly powered by Blogger